Uncategorized

Masa Transisi

tran·si·si n peralihan dari keadaan (tempat, tindakan, dan sebagainya) pada yang lain: masa — , masa peralihan; masa pancaroba: pada masa — , pada umumnya keadaan belum stabil (kbbi.co.id)

Dari pengertian KBBI di atas, transisi bisa berarti peralihan entah dari tempat, perilaku, status, dll. Transisi yang akan saya bahas di sini akan lebih spesifik ke transisi dari seorang mahasiswa yang hidup di kota megapolitan ke seorang pekerja yang hidup di area industri yang cukup jauh dari keramaian.

Mahasiswa bahagia

Siapa yang tidak bahagia saat menjadi mahasiswa? Mungkin tidak bisa digeneralisir, tapi masa kuliah memang sangat fun. Mulai dari masa orientasi yang hanya melulu masalah tugas ospek angkatan hingga masa tahun terakhir yang pembicaraannya sudah hanya meliputi tugas akhir dan mau kerja di mana. Tapi sebagai mahasiswa undergraduate yang hidupnya masih ditanggung oleh orangtua, kuliah hampir mirip dengan sekolah SMA. Belajar,dapat nilai bagus, bersosial, berorganisasi, jalan-jalan. Tidak ada pressure tertentu selain datang dari hal-hal itu. Pusing saat banyaktugas dan lega saat tugas dikumpulkan. Mungkin sesederhana itu saya dulu hahaha.

Dengan menyandang status mahasiswa, kami masih ada dalam safe zone. Masih hidup sendiri, masih belajar mandiri, masih suka menghabiskan uang dari orangtua, masih bebas untuk bermain setelah jam kuliah usai. Hal yang menjadi fokusan mahasiswa adalah kuliah dengan baik dan melakukan aktivitas non kuliah dengan baik. Jika tidak baik, akibatnya yang rugi adalah diri sendiri. Mungkin juga keluarga. Atau mungkin juga teman. 

Kerja pertama-pertama kerja

Setelah melalui jobseeking phase, saatnya memasuki dunia yang sebenarnya. Welcome to the jungle~

Dunia kerja adalah dunia yang keras, terutama dunia di tempat kerja pertama. Mungkin tidak berlaku bagi beberapa orang. Terdapat 2 jalur untuk posisi awal para fresh grad yang mulai bekerja: 1. Program management trainee; 2. Non-management atau staff.

Program MT dibuka oleh banyak perusahaan. Goalnya adalah untuk mencari lulusan baru yang sudah diprogramkan untuk menempati posisi khusus di level management. Sesuai dengan namanya, trainee, para MT akan mendapat proper training sebelum benar-benar nyemplung ke dunia kerja. Masa training akan berlangsung cukup lama. Ada pula yang berkonsep On the Job Training.

Sedangkan jalur 2, langsung menempati posisi staff. Jangan berpikir staff tidak bisa menempati posisi strategis di manajemen. Staff juga bisa dipromosikan. Apa bedanya dengan MT?

  1. Tidak ada kontrak yang mengikat. Kontrak erat kaitannya dengan pinalti. Staff lebih bebas.
  2. Mendapatkan training yang lebih singkat. Mungkin formal training untuk orientasi hanya berdurasi maksimal 1 minggu. Untuk training lainnya akan menyusul seiring berjalannya waktu. Setelah training anda diharapkan bisa langsung Bekerja! Hahaha
  3. Mungkin ini dulu. 😀

Saya adalah pengambil jalur 2. 

Masa transisi sangat dirasakan saat 3 bulan pertama. Dari segi tempat main, di daerah industri yang cukup jauh dari keramaian sangat sulit mencari tempat hiburan. Sempat sedikit tertekan karena saya mengalami suasana yang sangat berbeda dengan saat kuliah. Dari segi manusianya, lingkungannya, butuh penyesuaian diri. Tapi ada rekan kerja senior yang menasehati saya ‘anggap saja sekarang ini kamu kuliah tapi sambil digaji, jadi biar ngga kerasa berat’ dan sejak saat itu 3 bulan pertama saya niatkan untuk belajar seperti halnya kuliah, tanpa perlu memikirkan hal-hal yang terlalu berat. Dan saya menjalaninya dengan cukup baik. 

Masa transisi ini memiliki efek samping bagi saya. Meskipun masa itu adalah masa-masa saya belajar, tapi justru ketidak tahuan saya lah yang menjadi memori yang kurang menyenangkan. Sampai bau parfum yang 3 bulan saya pakai dan bau gedung baru yang saya lewati tiap hari selama 3 bulan itu membuat saya mual atau badmod, tiap saya mencium bau yang sama sampai saat ini.

Masa transisi memang tidak menyenangkan. Tapi saat itulah yang menunjang kita untuk berkembang. 🙂

Leave a Reply

